Kamis, 06 September 2018

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten, tempat wisata air di Klaten bisa untuk snorkeling dan diving yang mengasyikan yang bisa Anda coba. Asal mula nama Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada.

Umbul Ponggok itu adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.

Dimulai dari tiket masuknya seharga Rp.10.000 per orangnya, kemudian di dalam wisata ini juga terdapat pelayanan sewa-menyewa yang sudah menjadi fasilitas yang disediakan di Umbul Ponggok ini.
Cara Mudah Menuju Ke Wisata Umbul Ponggok Dari Stasiun Yogyakarta

Untuk menuju ke tempat wisata terbaru di Klaten ini dari Yogyakarta, kalian bisa mulai dari Jalan Pasar Kembang, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ambil jalan melewati Jl. Langensari dan Jl. Laksda Adisucipto lalu lanjutkan hingga melewati Jl. Raya Solo di Maguwoharjo. Jika lalulintas lancar, kalian akan melewati jalur sepanjang 8 km ini selama 20 menit.

Dari Jalan Raya Solo pergi ke arah Jalan Janti – Tegalgondo di Tegalgondo. Melewati jalur ini akan memerlukan waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan sepanjang 39.6 km.

Kalau sudah di Jalan Janti – Tegalgondo, berarti kalian sudah berada di jalur yang benar untuk menuju lokasi keberadaan Umbul Manten. Kira-kira setelah berkendara selama 10 menit atau 6 km jauhnya kalian akan sampai ke Mata Air Umbul Manten yang berada di Janti, Klaten, Jawa Tengah setelah ini kalian akan menemukan banyak umbul disitu. Kalian juga bisa menanyakan pada warga sekitar agar lebih jelas.

Atau kalian juga bisa mengikuti petunjuk cara menuju Umbul Ponggok dari Stasiun Yogyakarta dengan google maps petunjuk menuju Umbul Manten yang bisa kalian temukan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar