Kamis, 06 September 2018

Umbul Manten

Umbul manten, Tempat wisata di klaten yang unik dan indah ini terletak tepat di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika anda tau letak Umbul Ponggok, maka untuk menemukan Umbul Manten tidak akan susah karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Umbul Manten berada ditegah rerimbunan pohon besar, dimana pohon-pohon tersebut berada mengelilingi umbul dan pohon tersebut oleh masyarakat sekitar disebut sebagai pohon Ipik. Pohon tersebut memiliki struktur yang hampir mirip dengan pohon beringin, tinggi dan besar dengan daun rimbun.

Umbul Manten berlokasi dari tempat  parkir hingga ke lokasi umbul anda membutuhkan sedikit tracking selama beberapa menit saja. Oleh karena itu persiapkan alas kaki yang tepat untuk menuju lokasi karena jalanan bisa jadi licin apabila hujan mengguyur.

Untuk menuju ke Umbul Manten dari pusat kota Yogyakarta, kalian bisa mulai dari Jalan Pasar Kembang, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ambil jalur yang melintasi Jl. Langensari dan Jl. LaksdaAdisucipto kemudian lanjut pada jalur Jl. Raya Solo di Maguwoharjo. Apabila lalulintas lancar, adaakan melewati jalur sepanjang 8 km ini selama 20 menit.

Umbul Manten patut anda kunjungi. Pasalnya meski tidak terlalu besar airnya yang jernih dan bersih sangat nyaman dijadikan sebagai tempat berenang. Untuk masuk ke dalamnya pun, anda tidak akan dikenai  tarif mahal cukup dengan Rp.2000 saja. Anda bisa menikmati kesegaran serta keindahan Umbul Manten hingga puas. Namun anda jangan kaget ya, karena belum dikelola secara profesional. Umbul Manten belum memiliki fasilitas lengkap seperti objek wisata pada umumnya. Disana anda tidak akan menemukan toilet atau sejenisnya, sehingga jika anda ingin ke kamar mandi, anda bisa meminjam kamar mandi warga sekitar.

Ukurannya wisata Umbul Manten ini tidak terlalu besar, namun jangan salah, air yang ada di umbul tersebut sangatlah jernih sebening kaca. Umbul ini adalah sebuah kolam alami di Klaten yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Tidak seperti Umbul Ponggok, bagian dasar Umbul Manten adalah berupa bebatuan. Oleh karena itu, kejernihan airnya bisa terjaga, hingga bagian dasar kolam terlihat sangat jelas. Nah, sebagai wisatawan cerdas, jika anda pergi ke tempat wisata pastikan anda tidak akan merusak lingkungan sekitar.

Begitupun jika anda pergi ke Umbul manten, jangan pernah membuang sampah secara sembarangan. Bahkan jika ditempat tersebut belum tersedia tempat sampah yang memadai. Sebaiknya simpan sampah anda terlebih dahulu, kemudian buang jika anda menemukan tempat sampah. Hanya ada tempat ganti baju, jadi Anda tidak bisa membilas tubuh anda sehabis berenang. Namun ada jangan sedih,mengingat air Umbul sangat jernih dan bersih jadi tidak dibilaspun tak masalah bukan? Nah, apabila Anda merasakan perut keroncongan bisa membeli makanan di warung-warung yang berdiri disekitar lokasi. Itu tadi salah satu tempat wisata di Klaten terbaik yang wajib dikunjungi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar